Cara Mengatasi Kuota Internet Indosat Cepat Habis



Kasus kuota internet cepat habis namun speed-nya sangat lemot bukanlah perkara baru bagi pengguna smartphone di Tanah Air. Seringkali konsumen dibuat jengkel lantaran saat streaming speed serasa sangat lelet tapi kuota kesedot sekian banyak.

Dalam postingan ini saya ingin berbagi tips cara mengatasi kuota internet Indosat cepat habis dan apa saja penyebab kuota data tersebut menjadi cepat habis. Uraian dibawah ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada Anda, meskipun tidak berupa solusi mutlak. Tentu saja, karena hal ini sejatinya sudah ada yang mengatur. Jadi, sebagai pengguna kita hanya bisa menyiasatinya.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis


Selain "masalah" dari sisi operator penyedia layanan internet, kuota internet cepat habis juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya. Jadi beberapa hal tersebut dibawah ini perlu juga Anda perhatikan jika mendapati kuota data Anda serasa cepat habis.

Baca juga:


Berikut beberapa penyebab kuota internet Indosat maupun operator lainnya cepat habis:

1. Sering Melakukan Streaming


Streaming merupakan salah satu aktivitas online yang sangat menguras data. Jika kuota data Anda relatif terbatas, maka ada baiknya Anda tidak terlalu keseringan melakukan streaming agar kuota data Anda bisa sedikit dihemat.

2. Tidak Memanfaatkan Fitur Penghemat Data


Pada browser semacam Google Chrome tersedia fitur Data Saver atau penghemat data. Anda perlu mengaktifkan fitur ini agar ukuran konsumsi data saat Anda browsing bisa sedikit diperkecil. Jika tidak mengganggu, ada baiknya Anda memilih mengaktifkan fitur data saver saat melakukan browsing.

3. Terdapat Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background


Untuk smartphone, biasanya ada banyak aplikasi yang berjalan di background. Entah Anda sadari atau tidak, sebagian dari aplikasi tersebut tetap mengkonsumsi data meskipun Anda tidak membukanya secara langsung. Jadi, ada baiknya Anda matikan beberapa aplikasi yang berjalan di background jika tidak terlalu diperlukan.

4. Fitur Sinkronisasi Aktif


Jika terdapat beberapa aplikasi dengan sinkronisasi aktif seperti GMail, hal ini juga dapat menyedot kuota internet Anda. Sebenarnya ukuran data yang terpotong tidaklah besar, namun patut juga diketahui bahwa jika fitur sinkronisasi dalam kondisi aktif hal ini dapat membuat kota internet terpotong dengan sendirinya.

Nah itulah beberapa hal yang dapat menyababkan kuota data cepat habis. Sudahkah Anda menyadarinya?

Cara Mengatasi Kuota Internet Indosat yang Cepat Habis


Bagi Anda para pengguna Indosat Ooredoo, Anda tidak perlu heran jika mendapati kuota data Anda cepat habis padahal penggunaan Anda terbilang wajar. Saya sendiri merasakannya.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi paket internet Indosat cepat habis yang dapat segera Anda terapkan agar bisa sedikit menghemat kuota reguler Anda.

1. Nonaktifkan Gambar Ketika Browsing


Jika Anda benar-benar ingin menekan penggunaan data seluler, Anda bisa menonaktifkan gambar saat melakukan browsing. Jika Anda memilih opris ini, maka tampilan halaman web yang Anda kunjungi hanya berupa teks.

Ukuran gambar di laman situs web tertentu bisa beragam. Ada yang relatif kecil, namun tidak sedikit juga yang ukurannya mencapai beberapa MB. Jadi, menonaktifkan gambar bisa sedikit menghemat kuota jika Anda memilih opsi ini.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting


Berbagai aplikasi yang membutuhkan akses internet tapi tidak terpakai juga bisa menghabiskan kuota tanpa Anda sadari. Karena aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai tersebut, mungkin saja sedang berjalan di background, dan sedang menggunakan koneksi internet.

Tidak hanya menghabiskan kuota, tapi juga bisa membuat koneksi internet menjadi lebih lambat karena padatnya aktivitas. Jadi, ada baiknya Anda uninstall aplikasi-aplikasi yang kira-kira jarang diperlukan, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.

3. Pilih Jaringan 3G


Jaringan 4G LTE memang menawarkan kecepatan akses yang lebih baik dibanding 3G, namun disisi lain Anda juga harus siap boros kuota. Semakin cepat koneksi internet, maka secara tidak Anda sadari hal tersebut kian menyedot banyak kuota karena segala sesuatunya akan di load dengan sangat cepat.

Pada smartphone Android, Anda dimungkinkan untuk mengganti setelan jaringan dari 4G ke 3G. Anda bisa memilih opsi ini guna dapat mengatasi masalah kuota internet cepat habis yang pastinya akan menyebabkan Anda boros uang.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Data saat Browsing


Saat Anda sedang browsing menggunakan web browser, ada baiknya Anda aktifkan fitur Data Saver atau Penghemat Data agar tidak menyebabkan boros kuota. Fitur ini bisa dijumpai pada sebagian aplikasi browser seperti Chrome.

5. Batasi Rutinitas Streaming


Cara Mengatasi Kuota Internet Indosat Cepat Habis

Anda membeli paket internet tujuannya tidak lain adalah agar Anda bisa melakukan apapun, termasuk untuk melakukan streaming. Namun, terlepas dari hal itu sebaiknya Anda sedikit membatasi rutinitas streaming Anda karena streaming ini jelas membutuhkan banyak kuota.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi kuota internet Indosat cepat habis, semoga berguna. Saran saya, pilihlah jaringan 3G karena cara ini cukup membantu dalam hal mengatasi HP Android boros kuota.


Next Post Previous Post