Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Nelpon Termasuk Lewat Aplikasi VoLTE



Pengguna kartu Smartfren sepertinya banyak yang mengeluhkan tidak bisa nelpon lewat aplikasi Smart VoLTE, padahal lewat aplikasi inilah pengguna Smartfren dapat melakukan panggilan melalui jaringan 4G dan juga mengirim SMS.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kartu Smartfren tidak bisa dibuat telpon. Dalam artikel ini saya akan berbagi solusi dengan Anda dimana saya sendiri merupakan salah satu pengguna Smartfren 4G LTE. Kartu Smartfren tidak bisa dipake telpon penyebabnya bisa karena setelan jaringan, letak kartu SIM di slot kedua, dan bisa juga karena aplikasi Smart VoLTE belum dalam keadaan "registered" atau terdaftar.

Cara Mengatasi Smartfren Tidak Bisa Telpon dan SMS


Untuk dapat melakukan panggilan keluar kartu Smartfren dengan jaringan 4G, terlebih dahulu Anda perlu menginstall aplikasi Smart VoLTE yang bisa di download lewat Google Play Store.

Anda wajib memasang aplikasi ini di smartphone Android Anda jika ingin melakukan panggilan keluar pada kartu Smartfren.

Simak juga:



Jika aplikasinya sudah selesai di install, silakan ikuti panduan cara mengaktifkan aplikasi Smart VoLTE seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Smart VoLTE 


1. Pastikan nomor Smartfren Anda sudah di registrasi.

2. Aktifkan aplikasi VoLTE

3. Silakan buka aplikasi smart VoLTE

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Nelpon 1

4. Beri centang pada kotak persetujuan Syarat & Layanan lalu klik tombol Activated.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Nelpon 2

5. Berikutnya aplikasi akan memproses pendaftaran Anda.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Nelpon 3

6. Aplikasi smart VoLTE sudah siap untuk digunakan melakukan panggilan atau mengirim SMS.

Cara Mengatasi Kartu Smartfren Tidak Bisa Nelpon 4

7. Silakan coba untuk memanggil nomor tertentu.

Solusi Masalah Kartu Smartfren Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar


Apabila setelah mengikuti langkah-langkah diatas Anda belum bisa melakukan panggilan, maka Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Pastikan aplikasi SmartVoLTE sudah berhasil di register. Perhatikan bagian kanan-atas layar smartphone Anda, disitu ada keterangan mengenai statusnya.

Anda tidak akan bisa melakukan panggilan maupun kirim SMS jika status pada aplikasi tersebut belum teregistrasi (yang saya maksudkan disini bukan registrasi kartu SIM).

2. Bersihkan cache aplikasi. Anda juga bisa mencoba untuk membersihkan cache aplikasi terlebih dulu dengan masuk ke menu Apps / Aplikasi. Kemudian, silakan coba buka ulang aplikasi smart VoLTE.

3. Pastikan kartu Smartfren berada pada slot SIM nomor 1. Silakan lepas slot SIM lalu tempatkan kartu Smartfren Anda pada slot SIM nomor 1. Jika kartu Smartfren berada di slot SIM nomor 2 maka hal ini menyebabkan panggilan keluar lewat aplikasi VoLTE menjadi gagal terus.

4. Restart smartphone Anda. Jika setelah menempuh langkah-langkah diatas Anda belum juga bisa melakukan panggilan keluar di kartu Smartfren, cobalah untuk me-restart smartphone Android Anda.

5. Buat APN baru di smartphone Anda. Berikut ini adalah cara membuat APN baru bagi pengguna kartu Smartfren:

  • Name : Smartfren4G
  • APN : smartfren4g
  • Username : smartfren
  • Password : smartfren
  • Untuk bidang lainnya silakan dibiarkan saja.

6. Hubungi customer service Smartfren. Apabila berbagai upaya diatas belum juga memberikan solusi, maka Anda dapat mengatasi masalah kartu Smartfren tidak bisa dibuat nelpon dengan cara menghubungi CS operator.

Nomor telpon operator Smartfren:

  • 888
  • 021 5010 000
  • 088 1122 3344
  • 021 3190 0303

Alamat email Smartfren

  • customercare@smartfren.com 

Silakan sampaikan masalah yang Anda temui. Tim customer care Smartfren biasanya akan dengan sigap merespon keluhan Anda, baik melalui panggilan telepon maupun lewat email.

Penutup


Kartu Smartfren tidak bisa dibuat nelpon bukanlah kendala serius yang harus Anda sikapi dengan mengganti kartu SIM baru atau ganti operator. Dengan mengikuti panduan diatas, masalah Anda akan teratasi.


Next Post Previous Post